Pemda Dilarang Bikin Aturan Domisili

0 komentar


Informasi Lowongan CPNS 2013 | Link Pendaftaran CPNS 2013 | Jadwal Penerimaan CPNS 2013 | Pengumuman hasil seleksi CPNS 2013 | Update materi Soal CPNS

Syarat Daftar CPNS: Pemda Dilarang Bikin Aturan Domisili

Pemerintah tidak membolehkan adanya daerah yang membuat aturan tentang domisili sebagai salah satu syarat pelamar CPNS. Seluruh warga negara indonesia berhak memilih tempat untuk ikuti tes CPNS yang akan mulai pada November depan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Hukum dan Humas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) M. Imanuddin saat dihubungi kemarin (01/9) petang. Ia menyatakan, pemilihan lokasi merupakan kebebasan bagi seluruh warga negara.

Namun, saat sudah ditugaskan di suatu daerah, mereka tidak bisa mengajukan pindah seperti yang lalu-lalu. "Tidak ada lagi daerah yang boleh membuat aturan demikian", tegas Iman.

Iman menjelaskan, saat ini seluruh masyarakat di Indonesia sudah menggunakan KTP nasional atau e-KTP, yang penggunaannya dapat digunakan dimana saja, lintas apapun.

Meskipun, lanjutnya, dalam e-KTP tersebut terdapat domisili asal pemilik. Namun, hal itu tidak bisa dijadikan persoalan untuk mencegat seseorang untuk mendaftar CPNS didaerah bukan domisili aslinya.

Sebelumnya, sempat santer terdengar Wakil Gubernur DKI Jakarta Tjahaja Purnama berencana menerapkan aturan tersebut. Ahok, sapaan akrabnya, meminta agar perekrutan CPNS baru di Jakarta hanya diperuntukkan untuk warga Jakarta saja. Hal tersebut agar dapat mengoptimalkan dan mendayagunakan warga lokal terlebih dahulu ketimbang warga pendatang.

Sementara itu, untuk masyarakat yang ternyata masih belum menggunakan e-KTP, maka Iman menyarankan untuk segera mengurus kartu tanda penduduk elektronik tersebut. Jika memang masih kesulitan untuk memperoleh e-KTP tersebut dengan segera, ia merasa seharusnya nanti tidak akan jadi masalah untuk para pelamar tes CPNS.

------------------------------
Bagi Anda yang mau mendaftar CPNS Saran kami saat ini fokuslah dengan belajar jenis soal-soal CPNS sesuai kisi-kisi pemerintah agar Anda bisa benar-benar siap menghadapi Ujian CPNS tahun ini.

Agar proses belajar Anda lebih terarah dan tepat sasaran kami sarankan Anda belajar dengan metode terbaik yang bisa Anda dapatkan di: Pusat Soal CPNS No.1 Indonesia

Di Pusat Soal CPNS No.1 Indonesia , Anda akan belajar soal-soal sesuai dengan kisi-kisi pemerintah dengan bentuk soal menggunakan CAT (Computer Assisted Test) dan juga bisa belajar dengan soal bentuk .pdf yang bisa Anda print untuk belajar secara manual. Soal juga disertai pembahasan yang sudah melalui QC yang ketat.

Selamat bergabung: Pusat Soal CPNS No.1 Indonesia
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : CPNS Indonesia | PUSAT INFORMASI CPNS 2013 | Pusat Soal CPNS
Copyright © 2011. PUSAT INFORMASI CPNS 2013 - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis | Modified by PUSAT INFORMASI CPNS 2013
Proudly powered by Blogger